Monday 9 January 2023

Hidden Gem! Hutan di Tengah Ciputat? Hutan Kota sebagai Kearifan Lokal Kota Tangerang Selatan!


Halo teman-teman semua! Perkenalkan, kami BI-Smart Students SMK Bina Informatika Bintaro, dari kelompok 1 XII MM 2, akan mengeksplorasi Kearifan lokal dari kota Tangerang Selatan, kota yang disebut Pesona Kota Anggrek!

Kearifan lokal sendiri dapat diartikan sebagai pandangan hidup oleh masyarakat lokal yang merupakan hasil proses adaptasi dalam periode waktu yang sangat lama terhadap suatu lingkungan alam tempat mereka tinggal. Dalam konteks ini, kearifan lokal yang kami angkat digunakan sebagai pedoman untuk memenuhi kebutuhan warga dari alam dengan cara yang baik dan tidak merusak yaitu Tempat Wisata Edukatif.

Pemahaman tersebut sejalan dengan pengertian kearifan lokal menurut Undang Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dalam UU itu, ditegaskan bahwa kearifan lokal merupakan nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat untuk melindungi dan mengelola lingkungan hidup secara lestari.

Oleh karenanya kearifan lokal dari Hutan Kota Jombang menjadi pilihan kami untuk mengeksplorasi!

Hutan Kota Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan.


    Nah teman-teman! siapa sangka? di daerah pinggiran kota, Ciputat, Tangerang Selatan terdapat bentuk kearifan lokal berupa tempat wisata edukatif yang bernama Hutan Kota Jombang.

Spot Foto Menarik pada Hutan Kota Jombang

    Hutan Kota Jombang adalah salah satu tempat wisata yang berada di Jl. Merpati Raya, Kelurahan Sawah Baru, Desa Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten, Indonesia.

Batu Peresmian Hutan Kota Jombang, 2013 dan 2020

    Taman ini dibuka setiap hari dari pukul 08.00 WIB dan ditutup pada pukul 17.00 WIB. Untuk mengujungi Hutan Kota Jombang tidak perlu membeli tiket masuk atau karcis, kita dapat langsung menikmati fasilitas didalamnya!

    Sesaat kita masuk kedalam kawasan Hutan kota Jombang rasanya sejuk dan sangat asri. Didalamnya terdapat Pohon-pohon rindang, tempat bermain, spot foto menarik, track untuk jogging atu jalan santai yang luas dan bersih, serta terdapat terowongan warna-warni yang tersebar di beberapa titik area. 

Jogging Track, Terowongan Warna-warni Fasilitas Hutan Kota Jombang

    Didalamnya juga terdapat fasilitas untuk anak-anak bermain dengan jarak antar permainan yang luas, berbagai bentuk permainan, dan perawatan yang cukup bagus. Jarak pandang disini pun luas sehingga tidak perlu lagi khawatir menjaga anak-anak yang sedang bermain.

Arena Bermain Anak pada Hutan Kota Jombang

"Senang, duduk duduk disini sama ibu-ibu, ngajak anak pada main pulang sekolah..."  menurut pengunjung Hutan Kota Jombang saat diwawancarai 10 Januari 2023.

    Yang menarik, disini terdapat fasilitas rumah pohon dengan jembatan gantung yang bisa membuat kita menikmati keindahan Hutan Kota Jombang dari ketinggian. 


                     Jembatan Gantung dan Rumah Pohon Fasilitas Hutan Kota Jombang


    Luasnya kawasan Hutan Kota Jombang dapat menjadi pilihan masyarakat untuk berekreasi, piknik, bermain dan bersantai diruang terbuka hijau. Terdapat pula fasilitas Toilet dan Musholla sehingga baik sekali untuk menghabiskan waktu di Hutan Kota Jombang tanpa perlu repot.

"Banyak yang suka, kemarin saat pandemi ditutup, banyak yang minta dibuka lagi, dan sekarang sudah direnovasi, cat ulang jadi banyak yang main disini lagi" kata Mas Ade petugas pengelola Hutan Kota Jombang saat diwawancarai 10 Januari 2023.



  Air Mancur, Tempat Duduk Fasilitas Hutan Kota Jombang

    Dengan tidak dipungutnya biaya dan fasilitas yang diberikan, keberadaan Hutan Kota Jombang menjadi wadah yang dapat menunjang kehidupan bermasyarakat, dari kebutuhan ruang hijau, refreshing sampai dengan membuka peluang pekerjaan untuk pengelolaan tempat dan dapat memberikan wadah untuk mensejahterakan masyarakat.

    Hutan Kota Jombang pun dapat menjadi rekomendasi tempat wisata yang termasuk kedalam kearifan lokal yang dimiliki kota Tangerang selatan. Kearifan lokal tidak hanya mengenai budaya yang lestarikan namun juga pemanfaatan lingkungan masyarakat untuk memasukkan nilai nilai budaya dan dibangun sesuai dengan kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat.

    Hal ini membuat kami belajar bahwa ditiap daerah memiliki kearifan lokalnya tersendiri, yang beberapa bagian dari masyarakat bahkan hidup dari kearifan lokal yang dimiliki. Kami turut bangga dan ingin lebih melestarikan, mempromosikan kebudayaan daerah kami dan ikut memaksimalkan potensi tiap daerah kami dengan menggunakan fasilitas daerah, menjunjung budaya daerah dan menjaga tempat wisata, makanan khas, tarian tradisional kami yang ternyata memiliki kearifan lokalnya tersendiri.

    Yuk kunjungi, jaga dan lestarikan bentuk-bentuk kearifan lokal di daerahmu, dan jangan lewatkan Hutan Kota Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan!

Saksikan eksplorasi dan sesi wawancara lengkapnya disini!  https://youtu.be/xq7H56Qn_BE

Hutan Kota Jombang – Wisata Kota Tangerang Selatan


- Kelompok 1, XII MM 2 

Tugas Projek Profil Pelajar Pancasila, Pesona Kota Anggrek.

SMK Bina Informatika




No comments:

Post a Comment